Selasa, 06 Juli 2010

Uruguay Kalah? Tak Masalah!

Keberhasilan lolos ke semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 40 tahun terakhir, membuat pelatih Oscar Tabarez bangga. Baginya, tak masalah jika "La Celeste" harus tersingkir karena ini adalah prestasi bagus bagi sepak bola bangsanya.

Uruguay menjadi kejutan utama di Piala Dunia ini. Tak ada yang menyangka Diego Forlan dan kawan-kawan sanggup bertahan hingga babak empat besar. Hal ini karena prestasi sepak bola mereka yang hancur-hancuran dalam empat dekade terakhir. Dalam sepuluh Piala Dunia terakhir, Uruguay hanya sanggup lolos sebanyak lima kali. Maka tak heran, Uruguay dipandang sebelah mata di Afrika Selatan.

"Sampai sekarang, kami sangat bahagia dengan apa yang telah kami raih. Mungkin tidak dalam hal penampilan kami di lapangan, tapi dalam hal sejarah sepak bola kami," kata Tabarez jelang laga semifinal lawan Belanda.
"Sudah 40 tahun sejak kami mencapai semifinal terakhir. Keberhasilan ini akan memberikan efek untuk rakyat kami, terutama anak-anak dan para pemuda yang tak pernah merasakan ini sebelumnya. Hal ini juga terjadi ketika tak ada yang menyangka bahwa kami bisa melakukannya," tambahnya.
"Rasanya seperti kami berada di sebuah pesta, padahal kami tidak diundang. Tapi saya pikir kami mempunyai hak untuk tetap berada di pesta ini. Semuanya tergantung kami," sebut Tabarez.

Melawan Belanda, Rabu (7/6/2010), Tabarez percaya timnya tak memiliki tekanan sedikit pun untuk menang. "Jika kita berbicara tentang tanggung jawab, para pemain Belanda akan memikul tanggung jawab lebih besar dari kami. Sepak bola terkadang memberimu kesempatan untuk membuat mimpimu menjadi kenyataan, dan Piala Dunia selalu penuh dengan hasil kejutan. Jadi saya tak melihat alasan kenapa mimpi tim saya tak bisa menjadi kenyataan," lanjutnya. (AFP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar